RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MEMBUAT KARANGAN
Sekolah
|
:
SDN 3 Sukasenang
|
Mata
Pelajaran
|
:
Bahasa Indonesia
|
Kelas
/ Semester
|
:
III/ 2
|
Pertemuan
Ke-
|
:
|
Alokasi
Waktu
|
2
X 35
|
Hari
/ Tanggal
|
:
|
A.
Standar
Kompetensi
Mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi.
B.
Kompetensi
Dasar
Menulis karangan
sederhana berdasarkan gambar seri
C.
Indikator
1. Menulis
karangan menggunakan pilihan kata dan kalimat yang baik
2. Menulis
karangan sesuai dengan ejaan yang benar
3. Menulis
karangan menggunakan huruf kapital sesuai
4. Menulis
karangan menggunakan tanda baca yang tepat
D.
Tujuan
Pembelajaran
1. Melalui
pengamatan gambar seri, siswa dapat menulis karangan menggunakan pilihan kata
dan kalimat yang baik.
2. Melalui
pengamatan contoh ejaan dalam karangan, siswa dapat menulis karangan dengan
ejaan yang benar
3. Melalui
pengamatan contoh huruf kapital dalam karanagan, siswa dapat menggunakan huruf
kapital, yang sesuai
4. Melalui
pengamatan contoh tanda baca dalam karangan, siswa dapat menulis karangan
menggunakan tanda baca yang tepat
E.
Karakter
yang dikembangkan
1. Disiplin
2. Motivasi
3. Kecermatan
4. Keberania
5. Tanggung
jawab
F.
Materi
Pelajaran
Menulis karangan dengan
memperhatikan
1. Pemilihan
kata dan kalimat
2. Ejaan
3. Huruf
kapital
4. Tanda
baca
G.
Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya
jawab
3. Demonstrasi
4. Pemberian
tugas
H.
Kegiatan
Pembelajaran
1. Kegiatan
awal
a. Mengkondisikan
siswa siap belajar menulis karangan dengan menyiapkan alat tulis
b. Memberikan
apersepsi dengan tanya jawab tentang karangan yang pernah dibaca dan dibuat
c. Memotivasi
siswa untuk manulis karangan
d. Memotivasi
belajar siswa dengan menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu membuat karangan
(Melatih motivasi)
2. Kegiatan
inti
a. Siswa
dibawah bimbingan guru mengamati gambar, secara seksama, kemudian guru menstimulasi
siswa untuk berpendapat (Melatih keberanian)
b. Siswa
dibawah bimbingan guru mengamati karangan secara seksama, dengan memperhatikan
pemilihan kata kata, kalimat, ejaan, uruf kapital, dan tanda baca (melatih
kecermatan)
c. Siswa
dibawah bimbingan guru dilatih memahami isi karangan dari gambar melalui tanya
jawab (Melatih tanggung jawab)
d. Siswa
dibawah bimbingan guru dilatih membuat karangan melalui media gambar yang
disediakan guru dengan memperhatikan pemilihan kata, kalimat, ejaan, huruf kapital,
dan tanda baca (Melatih tanggung jawab)
e. Siswa
dibawah bimbingan guru mengmpulkan karangan yang telah dibuat (Melatih tanggung
jawab dan disiplin)
3. Kegiatan
akhir
a. Sisa
dibawah bimbingan guru menyimpulkan penulisan karangan dengan memperhatikan
kata, kalimah, ejaan, huruf kapital dan tanda baca.
b. Guru
melakukan penilaian hasil karangan siswa
c. Guru
memberikan tindak lanjut dengan PR membuat karanagn sederhana dengan tema bermain, bagi yang belum berasil membuat
karangan perlu diperbaiki kembali
I.
Alat,
media, dan sumber belajar
1. Alat
dan media : contoh karangan,
gambar
2. Sumber
: buku paket ‘Aku Bangga Bahasa Indonesia’ kelas 3,
diktat kecil guru.
J.
Penilaian
1. Penilaian
Proses
Penilaian proses
belajar untuk melihat karakter siswa
2. Penilaian
hasil belajar
Penilaian hasil belajar
dengan mengamati karangan yang telah dibuat siswa
3. Instrumen
penilaian
a. Lembar
pengamatan proses belajar siswa
b. Lembar
pengamatan hasil menulis karangan siswa
4. Kunci
jawaban
a. Pengamatan
proses belajar dengan memperhatikan aspek: disiplin, motivasi, keberanian,
kecermatan, dan tanggung jawab.
b. Pengamatan
hasil menulis karangan dengan memperhatikan aspek: pemilihan kata, kalimat,
ejaan, huruf capital, dan tanda baca
5. Kriteria
Penilaian
a. Penilaian
setiap aspek menggunakan criteria
Nilai 5 (Baik Sekali)
jika maksimal
Nilai 4 (Baik) jika hampir
maksimal
Nilai 3 (Cukup) jika
sebagian besar baik
Nilai 2 (Kurang) jika
hanya sebagian kecil baik
Nilai 1 (Sangat Kurang)
jika tidak ada yang baik
b. Rata-rata
akhir desimal 0,5 atau lebih nilainya dibulatkan ke atas dan kurang dari 0,5 nilainya
dibulatkan ke bawah.
c. Nilai
akhir penilaian menggunakan rumus :
Nilai
akhir (NA) menggunakan :
Mengetahui
:
Kepala Sekolah
|
Pengajar
|
|
|
………………………………
NIP
:
|
……………………………….
|
Lampiran
LEMBAR PENGAMATAN PROSES SISWA BELAJAR
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek
|
Jumlah
Nilai
|
Nilai
Rata-rata |
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
Aspek 1 = Disiplin
Aspek 2 = Motivasi
Aspek 3 = Keberanian
Aspek 4 = Kecermatan
Aspek 5 = Tanggung jawab
Penilaian tiap aspek menggunakan kriteria :
Nilai 5 (Baik Sekali) jika maksimal
Nilai 4 (Baik) jika ampir maksimal
Nilai 3 (Cukup) jika sebagian besar baik
Nilai 2 (Kurang) jika hanya sebagian kecil baik
Nilai 1 (Sangat Kurang) jika tidak ada yang baik
Rata-rata akhir desimal 0,5 ata lebih nilainya
dibulatkan ke atas dan kurang dari 0,5 nilainya dibulatkan ke bawah.
Sukasenang,
…………………………………..
Penilai,
…………………………………………………
|
Lampiran
LEMBAR
PENGAMATAN HASIL MEMBUAT KARANGAN
No.
|
Nama Siswa
|
Nilai Aspek
|
Jumlah Nilai
|
Nilai
Rata-rata |
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
Aspek 1 = Pemilihan Kata dan Kalimat
Aspek 2 = Ejaan
Aspek 3 = Huruf Kapital
Aspek 4 = Tanda Baca
Penilaian tiap aspek menggunakan kriteria :
Nilai 5 (Baik Sekali) jika maksimal
Nilai 4 (Baik) jika ampir maksimal
Nilai 3 (Cukup) jika sebagian besar baik
Nilai 2 (Kurang) jika hanya sebagian kecil baik
Nilai 1 (Sangat Kurang) jika tidak ada yang baik
Rata-rata akhir decimal 0,5 ata lebih nilainya
dibulatkan ke atas dan kurang dari 0,5 nilainya dibulatkan ke bawah.
Sukasenang,
…………………………………..
Penilai,
…………………………………………………
|
Lampiran
REKAPITULASI
NILAI
No.
|
Nama Siswa
|
Nilai
|
Nilai Akhir
|
Keterangan
|
|
1
|
2
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
1.
Nilai
akhir (NA) menggunakan :
2.
Nilai
KKM = 7,5
Sukasenang,
…………………………………..
Penilai,
…………………………………………………
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar